SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG ORMAS BBC DPC BANJARAN

Jumat, 04 Mei 2012

LATAR BELAKANG
(SEJARAH ORMAS BBC)




Dilandasi oleh satu cita-cita yang luhur dan memohon perlindungan serta Ridho dari Yang Maha Kuasa, dengan semangat persaudaraan dan persatuan dari para pendahulu yang tak pernah lekang dimakan waktu.
Awal-awal pembentukannya,akhir dekade 1950-an,BBC masih merupakan singkatan dari Buah Batu Boys Club,Sebelumnya, BBC generasi pertama merupakan singkatan dari BuahBatu Barbel Club,sebuah klub kebugaran. Karena anggotanya semakin banyak dan meluas,BBC menjadi BUAH BATU CORPS."Kekuasaannya" hampir ke seluruh Bandung,dari mulai Jln. titiran,Jln Jeruk,daerah timur,dan Bandung selatan.
Kelompok anak muda ini sangat disegani atau bahkan ditakuti masyarakat Bandung pada era 1960 hingga 1980-an.Solidaritas antaranggota suatu wilayah tempat tinggal yang sama,Buah Batu, menjadi faktor pemersatu yang kuat. BBC menjadi satu representasi "gaul ala geng" yang dianut kaum muda bandung.
setelah "tiarap" sejak maraknya aksi penembakan misterius (petrus) pada awal dekade 1980-an,kini BBC hadir kembali dengan wajah baru yang lebih mengutamakan kebersamaan dan kepedulian terhadap masyarakat. "Setelah hampir 25 tahun tiarap,ternyata BBC masih terus beranak pinak. Dan small group-nya bertambah.
AGOTAX  yang berada d wilayah Jl. Ancol dan sekitarnya



BACHELORS  yang berada di wilayah Jl. Pelanduk dan sekitarnya,



PHANTOMS  yang berada di wilayah Jl. Lele dan sekitarnya,



G.I.  yang berada di wilayah Jl. Beunteur dan sekitarnya,



OYSTERS  yang berada d wilayah Jl. Kerang dan sekitarnya,



BARROLS   yang berada d wilayah Jl. Buah Batu Dalam dan sekitarnya,



MELOS yang berada d wilayah Jl. Lodaya dan sekitarnya,



MEGAS yang berada d wilayah Jl. Galunggung dan sekitarnya,



BANILS  yang berada d wilayah Jl. Nilem dan sekitarnya,



MOYANK  yang berada d wilayah Jl. Wayang dan sekitarnya,



STATESMEN yang berada d wilayah Jl. Cijagra dan sekitarnya,

MAGIS yang berada d wilayah Jl. Solontongan dan sekitarnya,



SAKLE  yang berada d wilayah Jl. Sadakeling dan sekitarnya,



KUTUB  yang berada d wilayah Jl. Terusan Buah Batu dan sekitarnya,



MACHO yang berada d wilayah Jl. Macan dan sekitarnya,



BARCEL yang berada d wilayah Jl. Banteng dan sekitarnya,



GAMES  yg berada di jl Kancra dan sekitarnya,



COPA yg berada di jl Paledang dan sekitarnya.



ELZUS  yang berada d wilayah Jl. Malabar dan sekitarnya,



MEMOUS   yang berada d wilayah Jl. Gagak dan sekitarnya,





Group (SG) yang selanjutnya kelompok-kelompok tersebut sepakat untuk berhimpun dalam suatu wadah induk organisasi kepemudaan yang di kenal dengan nama BUAH BATU CORPS (BBC), sehingga keberadaan Small Group (SG) tersebut merupakan bagian yang tak terpisah dari Induk Organisasi Kepemudaan BBC.

Kemudian diperjalannya sampai tahun 2011 sekarang telah bertambah Small Group (SG) selain tersebut di atas. Small Group  yang bergabung ke Ormas BBC tersebut antara lain:
LEXS


GMBC



DANGER



GOYA
















Dengan demikian keberadaan Small Group (SG) tersebut selain sebagai pendiri sekaligus juga sebagai tulang punggung dari berjalannya aktivitas Organisasi BBC hingga BBC berkembang menjadi perkumpulan yang cukup dikenal dan disegani di kota Bandung khususnya.* Didorong oleh rasa rindu terhadap kebersamaannya, serta rasa memiliki dan bangga terhadap nama besar Organisasi BBC. Akhirnya pada hari Selasa, 11 Juli 2006 para Small Group yang diwakili para tokoh-tokohnya berkumpul untuk berunding dan sepakat untuk bersama-sama mendirikan ORGANISASI SOSIAL KEMASYARAKATAN BUAH BATU CORPS yang dituangkan dalam AKTA PENDIRIAN ORMAS BBC dihadapan Notaris R.Sabar No. 34 tanggal 26 Juli 2006 sekaligus merupakan anggaran dasar pertama dari Organisasi BBC.* Sesuai dengan amanat KONGRES PERTAMA ORMAS BBC yang di selenggarakan di Hotel Horison 24 Februari 2007, untuk segera membentuk kepengurusan ORMAS BBC dari tingkat pusat sampai ke tingkat Organisasi yang paling rendah. Maka pada hari Senin tanggal 22 Mei 2007 telah dirampungkan pembentukan Struktur pengurus DPD ORMAS BBC KOTA BANDUNG.
DIBAWAH PIMPINAN KETUA UMUM MAMA TARMANA SATIAPUTRA.
Yang kemudian berkembang ke pelosok-pelosok Tanah Air dalam skup-skup yang di atur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ADART).

·      PENGESAHAN : PERATURAN MENTERI KEHAKIMAN R.I.- NOMOR :M.01-HC.03.01 TAHUN 1987

·      MELALUI : - DIREKTUR JENDERAL HKI- DIREKTUR HAK CIPTA- DESAIN INDUSTRI- DISAIN TATA LETAK- SIRKIT TERPADU- RAHASIA DAGANG


 ORGANISASI
1.    Organisasi Sosial Kemasyarakatan Buah Batu Corps (BBC) didirikan pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2006 dan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.
2.    Organisasi ini berazaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.
3.    Organisasi ini berbentuk Sosial dan bersifat Independent.
4.    Organisasi ini berbentuk sebagai perhimpunan wahana kehidupan kemasyarakatan keluarga BBC yang peduli terhadap pengembangan berbagai potensi yang ada di sekitar keluarga BBC khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya dalam mengangkat permasalahan serta mencari, membantu penyelesaian.
5.    Organisasi ini memiliki lambang, logo dan atribut lainnya sebagai identitas diri.
6.    Organisasi Sosial Kemasyarakatan Buah Batu Corps (BBC) berkedudukan di Bandung, dengan cabang-cabang atau perwakilan-perwakilan di tempat lain yang dianggap perlu oleh Badan Pengurus.

TUJUAN
Memberdayakan masyarakatan sekitar keluarga BBC khususnya dan umumnya keluarga Buah Batu menjadi tatanan masyarakat yang berderajat, bermartabat dan berwibawa untuk mencapai kepentingan bersama secara harmonis. Menjadikan benang pengikat persaudaraan dan persatuan antara sesama keluarga BBC khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Memberi, membantu dan mengarahkan kehidupan kearah yang lebih baik dan harmonis Memberi, membantu dan mengembangkan talenta sesuai dengan keahliannya. Meningkatkan dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi yang dilandasi oleh Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan YME untuk mewujudkan masyarakat Buah Batu dan masyarakat umum yang tanggap dan mandiri. Melakukan Pembinaan mental dan meningkatkan kepribadian. Meningkatkan rasa aman dan damai di dalam kehidupan masyarakat. Meningkatkan kepedulian dan rasa cinta pada lingkungan dan tanah air.

KEGIATAN & USAHA
Berperan aktif dalam dinamika pembangunan meliputi aspek yang digeluti oleh ORGANISASI SOSIAL KEMASYARAKATAN BUAH BATU CORPS (BBC) dalam bidang pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Rohani, Olahraga, Pemuda, Humas, Pengabdian Masyarakat, Seni dan Budaya, Peranan Perempuan, Lingkungan hidup dan Perekonomian. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan Pemerintah, Pihak Swasta, Small Group di lingkungan BBC dan unsur-unsur yang terkait. Melaksanakan bidang garapan lainnya sesuai dengan tujuan dan peraturan Organisasi. Menciptakan Lapangan Kerja untuk membantu kehidupan soial ekonomi anggota untuk kepentingan Organisasi.

 KEPENGURUSAN
 
1.    Dipegang oleh Ketua dengan ketentuan:
Ketua, diangkat dan diberhentikan oleh Rapat Anggota dengan masa kerja 1 (satu) periode selama 4 (empat) tahun dan setelah itu dapat dipilih kembali maksimal 1 (satu) periode berikutnya.
 
2.    Susunan Kepengurusan, terdiri dari:
·      Dewan Penasehat
·      Ketua Umum
·      Ketua I, II, III
·      Ketua-ketua Biro
·      Sekretaris I, II, III
·      Bendahara I, II

DEWAN PENASEHAT
Dewan Penasehat terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan (Kapasitas dan Reputasi) dan rasa tanggung jawab terhadap masa depan Organisasi.

KEANGGOTAAN
Jenis Keanggotaan terdiri dari :
1.  Anggota biasa, adalah yang menyatakan diri menjadi anggota, menyetujui serta siap melaksanakan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah tangga dan Peraturan Organisasi
2.  Anggota luar biasa.
3. Anggota Kehormatan, yaitu seseorang yang berpengaruh, bersimpati dan dianggap berjasa dalam memajukan organisasi.
  
HILANGNYA KEANGGOTAAN KARENA :
1.    Atas permintaan sendiri.
2.    Meninggal Dunia.
3.    Diberhentikan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar